Menjadi pelajar yang cerdas tentu
menjadi impian setiap orang, bahkan orangtua, kakak, adik maupun saudara tentu
berharap yang sama pada kita. Apalagi
menjadi pelajar yang berprestasi dan unggul. Seperti bocah
ajaib pengukir sejarah dunia Albert Einstein, Thomas Alva Edison, JKRowling (Penulis buku Harry Potter) dan
lain-lain. Atau seperti Gita Gautawa(penyanyi), mampu mewujudkan
mimpi seperti Andrea Hirata (Penulis
Laskar Pelangi) dan pintarnya kayak BJ Habibie. Paling-tidak,
kita punya semangat dan keberanian untuk menyontoh perilaku tokoh-tokoh
tersebut meraih prestasi dalam hidup maupun kemampuan mengaktualisasikan (memunculkan) segenap potensi yang kita miliki.
Ingat…belajar di Sekolah bukan
sembarang belajar dan tanpa tujuan atau asal-asalan. Jangan pertaruhkan lamanya
waktu belajar yang Anda tempuh di sekolah dengan sia-sia. Namun, Anda harus
menyadari bagaimana cara belajar efektif. Juga, Anda harus mampu mengembangkan
karakter kepribadian yang kuat dan memiliki kompetensi mumpuni yang mempunyai
daya saing tinggi di era globalisasi ini.
Jika Anda
selama ini selalu mengalami kesulitan atau menghadapi berbagai hambatan dalam
melakukan proses belajar, itu disebabkan karena Anda belum memiliki strategi
belajar yang tepat untuk melakukan kegiatan (proses) belajar. Tapi hal penting yang harus Anda ingat, bahwa
menjadi orang pintar, cerdas, kreatif, percaya diri dan mandiri itu sebenarnya
mudah. Jawaban dari hal penting ini, Anda harus menguasai Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar.
Bukti,
mengutip berita Media Indonesia 29 Oktober 2009 menyatakan:
Apabila
dikaitkan dengan standar ukuran internasional, siswa Indonesia hanya mampu
menjawab soal-soal dalam kategori rendah dan sedikit sekali. “Bahkan, hampir tidak ada yang dapat menjawab
soal-soal yang menuntut pemikiran tertinggi,” ujar Kepala Badan Penelitian
dan Pengembangan (Kabalitbang) Depdiknas Mansyur
Ramly di Jakarta, kemarin.
Dia
mengatakan hal tersebut diperoleh dari hasil penelitian Pusat Penilaian Pendidikan
(Puspendik) Nasional 2009 yang memaparkan antara lain prestasi siswa,
kinerja guru, sistem ujian dan evaluasi kebijakan di bidang pendidikan.
Kemampuan
membaca, menulis dan memahami (literasi)
sains dan matematika siswa Indonesia jauh di bawah skor internasional, 500.
Skor siswa itu diperoleh dari tiga survei terakhir studi internasional yaitu PIRLS 2006 (Progres in International Reading Literacy Study) yang mengukur
kemampuan membaca siswa kelas IV SD/MI, dan PISA 2006 (Programme for
International Student Assesment Study) yang mengukur kemampuan membaca
matematika dan sains siswa berusia 15 tahun di SMP/MTs/SMA/MA/SMK.
“Begitu pula
melalui survei terakhir pada TIMSS 2007
(Trend in International Mathematic and
Science Study) yang mengukur kemampuan matematika dan sains siswa kelas
VIII SMP/MTs. “Artinya, literasi sains
dan matematika siswa Indonesia masih rendah,” kata Mansyur.
Kalau Anda
mau melongok praktek pembelajaran di kelas pada umumnya sungguh memprihatinkan.
Coba bayangkan, dalam praktek proses pembelajaran di kelas terlihat persentasi
pelajar yang menguasai materi pembelajaran sangat kecil sekali. Kalau boleh
dibilang pelajar yang mampu melakukan proses pembelajaran dengan benar hanya
10-20% saja. Itu pun pelajar yang dikategorikan anak pintar atau anak cerdas
saja.
Secara umum,
jika ditelaah lebih lanjut masalah rendahnya kemampuan daya serap pelajar,
ternyata sebahagian besar bersumber dari masalah internal dari pelajar
itu sendiri. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan R.L.
Mooney dan Mary Alice Price di
Amerika, menyatakan ada 2 kesukaran yang paling menonjol atau paling
banyak dialami pelajar, yaitu:
1.
Tidak tahu
bagaimana cara belajar yang efektif (don’t
know how to study efektively)
2.
Tidak dapat
memusatkan perhatian dengan baik (unable
to concentrate will).
Namun
Anda tidak perlu kuatir, belajar itu mudah dilakukan, jika Anda memiliki
strategi yang mampu mengorganisir pikiran, sikap dan perbuatan untuk
mengarahkan dan menggiatkan step by step
(tahap demi tahap) proses belajar
secara berstruktur atau sistematis dengan asyik. Anda janganlah mengacu,
menjadi anak yang berprestasi harus memiliki IQ (Intellegence
Quetient) tinggi. Itu sudah basi!!! Setiap orang mempunyai kesempatan
dan peluang yang sama baik untuk menjadi anak yang berprestasi.
Menurut
Thomas Alva Edison, peranan IQ itu hanya 1% saja menunjang
keberhasilan seseorang, namun yang 99% adalah kemauan dan kerja keras. (Genius is one percent inspiration and
ninety-nine percent perspiration)
Tentu
Anda berharap dapat melakukan belajar dengan perasaan gembira. Kalau guru
menerangkan pelajaran, maka Anda pun “langsung nyambung” dan mudah
memahami apa yang dijabarkan. Anda pun betah berlama-lama memusatkan perhatian
pada pelajaran. Persoalannya, bagaimana mewujudkan harapan tersebut menjadi suatu
kenyataan?
Buku
panduan “Strategi Jitu Mencapai
Kesuksesan Belajar” ini akan membantu Anda memperoleh strategi belajar yang
praktis dan efektif menjadi pelajar yang berprestasi dan memiliki kompetensi
unggulan. Di dalamnya berisi petunjuk yang memandu Anda menemukan cara belajar
praktis dan efektif. Bagaimana langkah-langkah cara membuka pikiran, menggiring
pikiran, menyusun kerangka berpikir step
by step dan kreatif-inovatif dalam mengembangkan kompetensi diri Anda,
mengembangkan metodologi belajar Anda, mencari solusi permasalahan yang
menghambat Anda untuk dapat melakukan kegiatan belajar dengan mengenali,
mengidentifikasi dan menganalisa bentuk hambatan yang mengganggu proses
belajar. Nah, secara keseluruhan dalam buku ini memberi petunjuk-petunjuk
kepada Anda, sebagai berikut:
Bab
1. LEARNING SKILLS
Dalam bab ini, berisi petunjuk strategi cara berpikir efektif, cara
mengembangkan sikap maupun psycho motor menjadi pelajar yang memiliki karakter
kuat dan kompetensi unggulan. Petunjuk tersebut mencakup metode (kecakapan)
bagaimana langkah-langkah cara membuka pikiran, mengarahkan (menggiring)
pikiran, menyusun kerangka berpikir tahap demi tahap, mengembangkan
imajinasi-kreatif dalam melakukan proses kegiatan (belajar). Pendek kata, dalam
bab ini Anda dipandu bagaimana proses
cara menyusun jalan pikiran dalam belajar atau melakukan sesuatu secara praktis
dan efektif, sehingga terbentuk keterampilan belajar (Learning Skills) Anda.
Jika Anda dapat menguasai Learning Skills (keterampilan belajar), maka belajar
dapat dilakukan dengan mudah dan memaksimalkan kecerdasan Anda dalam menguasai
pelajaran.
Bab
2.
KUNCI SUKSES BELAJAR
Dalam bab ini, berisi petunjuk yang
menjadi prasyarat mencapai kesuksesan belajar. Dijelaskan ada 6 prasyarat utama
yang menjadi kunci sukses belajar. Ke-enam prasyarat tersebut, antara lain: 1).
Keteguhan Hati, 2). Disiplin dan Belajar Secara Teratur, 3). Kesehatan Jasmani
dan Rohani, 4). Lingkungan Belajar Yang kondusif, 5). Sumber Belajar dan
Perlengkapan Belajar, 6). Teknik Belajar.
Bab
3.
MEMBANGKITKAN MENTAL JUARA
Dalam bab ini, berisi petunjuk cara
membentuk mental juara dan membangkitkan dorongan berprestasi. Petunjuk tersebut mencakup bagaimana
cara merangsang membangkitkan aspirasi dan ambisi berprestasi serta semangat
petarung yang gigih. Sehingga pada diri pelajar pun terus terpacu untuk
membangun jalan pikirannya untuk menjadi atau menguasai sesuatu hingga tuntas.
Dan yang lebih essensial lagi pada pelajar sadar akan dirinya yang belajar,
sehingga belajar dilakukan dengan penuh larutan kegembiraan untuk belajar.
Bab
4. PANDUAN
BELAJAR (Learning Guide)
Dalam bab ini, berisi petunjuk atau
panduan langkah-langkah bagaimana belajar itu harus dilakukan. Petunjuk
tersebut mencakup strategi bagaimana cara membangun kesiapan belajar,
menciptakan mood belajar, menentukan tujuan yang hendak dicapai, membangun
proses penalaran (menghidup, mengontrol penalaran) dan menggiring proses
belajar secara praktis dan efektif, sehingga mampu mengoptimalkan hasil
belajar.
Bab
5. MEMBANGUN
KONSENTRASI BELAJAR
Dalam bab ini, berisi tentang apa yang
dimaksud dengan konsentrasi belajar? Macam-macam gangguan konsentrasi belajar
dan petunjuk bagaimana cara mengatasi gangguan konsentrasi belajar.
Bab
6. CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Dalam bab ini, berisi petunjuk
bagaimana cara meningkatkan kualitas kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui
critical thinking (berpikir kritis). Petunjuk tersebut mencakup tentang
pengertian Berpikir Kritis (Critical Thinking), karakteristik pemikiran kritis,
karakteristik pemikir kritis, mengembangkan sifat pemikir kritis, manfaat
berpikir kritis, alasan-alasan mengapa memilih berpikir kritis, hambatan
berpikir kritis, langkah-langkah berpikir kritis dan cara melatih berpikir
kritis.
Bab 7. BERPIKIR
KREATIF
Dalam
bab ini diungkap, bahwa semua orang punya bakat kreatif, namun demikian tidak
semua orang kreatif. Mengapa demikian? Ada banyak hambatan yang menjadi
penghalang berpikir kreatif. Untuk itu, dalam bab ini diuraikan faktor-faktor
yang menjadi penghambat pikiran kreatif. Petunjuk bagaimana cara mengatasi
segala bentuk hambatan yang menjadi penghalang berpikir kreatif. Juga,
diuraikan manfaat berpikir kreatif dan strategi pengembangan langkah-langkah
berpikir kreatif.
Bab 8. BENARKAH KECERDASAN EMOSIONAL MENUNJANG KESUKSESAN
BELAJAR?
Dalam
bab ini mengungkap bagaimana pengaruh emosi dalam belajar, menjelaskan peranan
kecerdasan emosional dalam memberi peluang dan keleluasaan IQ berkembang secara
maksimal. Begitu juga berisi petunjuk bagaimana cara meningkatkan kecerdasan
emosional.
Bab 9.
BELAJAR PRESENTASI
Dalam bab ini berisi petunjuk
langkah-langkah bagaimana cara menyajikan presentasi dengan baik dan
meyakinkan. Petunjuk tersebut meliputi: 1) bagaimana menentukan tujuan
presentasi, 2) bagaimana mengenali dan memengaruhi audien, 3) bagaimana
menyusun kerangka presentasi, 4) bagamana cara mempersiapkan slide, alat bantu
visual atau alat peraga, 5) latihan presentasi, 6) bagaimana bersikap rileks
saat presentasi, 7) Teknik penyajian presentasi.
Bab 10. BELAJAR
MEMBUAT KARANGAN
Dalam bab ini berisi petunjuk
bagaimana cara membuat karangan. Petunjuk tersebut meliputi: 1) Penentuan
Jenis Karangan, 2)Mengembangkan Ide Cerita, 3) Mengembangkan Sinopsis Cerita,
4) Menyusun Kerangka Karangan, 5) Penggarapan Cerita, 6) Menyunting Cerita, 7)
Menerbitkan Cerita.
Bab 11. BELAJAR
MELUKIS PIKIRAN (Strategi Menulis dan Membuat Catatan)
Dalam
bab ini berisi petunjuk bagaimana menulis
atau membuat catatan pemikiran secara efektif berupa lukisan pikiran, tanpa
harus mengganggu ritme penalaran saat belajar. Teknik ini dapat menjadi sumber
pendorong penciptaan pendalaman penalaran karena dapat mempertahankan dan
meningkatkan fokus perhatian maupun konsentrasi saat belajar, baik itu belajar
sendiri atau belajar di bawah bimbingan guru. Lukisan pikiran tersebut dapat
menjadi gambaran atau skematis kerangka berpikir dalam memvisualkan pemahaman
tentang pengetahuan yang diperoleh dan memudahkan dalam mereview kembali
pemahaman pengalaman maupun pengetahuan yang telah peroleh di saat dibutuhkan.
Juga, kemampuan melukis pikiran dapat menjadi petunjuk yang praktis dalam
menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukan secara efektif.
Bab 12.
Membangun Relasi
Bab ini mengungkap seseorang dikatakan baru sukses belajar, tentunya apabila dirinya
mampu membuktikan atau mengimplementasikan hasil belajarnya di tengah-tengah
masyarakat atau dunia kerja (usaha). Sementara, kesuksesan di tengah-tengah
masyarakat atau dunia kerja sangat ditentukan oleh kemampuan membangun relasi (networking). Untuk menunjang keberhasilan dalam mengimplementasikan
hasil belajar di tengah-tengah masyarakat, dunia kerja (usaha), maka dalam bab
ini diberikan petunjuk, bagaimana cara membangun relasi tersebut.
Sistematis
pengulasan yang dipergunakan buku ini cukup sederhana dan mudah dipahami oleh Anda.
Buku ini disajikan tidak seperti buku referensi pada umumnya yang bersifat
teoritis belaka, melainkan mengungkap hal-hal nyata, praktis dan efektif serta
dilengkapi contoh kasus.
Tentunya,
setelah Anda mampu memahami dan dapat mempraktikkan petunjuk-petunjuk dalam
buku ini, maka Anda pun mengatahui bagaimana melakukan cara belajar yang
praktis dan efektif. Karena itu, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk
mengatakan belajar itu susah.
pak gmna cara beli bukunya?soalnya saya cari di toko buku tidak ada. . .
BalasHapusBuku Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar ada di toko buku Gramedia dll. Jika tidak ada bisa pesan online di elexmedia.co.id atau toko bk online gramediashop...
Hapusmakasih pak referensinya, moga sukses.
BalasHapuscukup menarik,semoga sukses
BalasHapus