Selasa, 18 Mei 2010

Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul


Memiliki anak cerdas tentu menjadi impian setiap orang tua. Apalagi anak menjadi manusia unggul. Seperti bocah ajaib pengukir sejarah dunia Albert Einstein, Thomas Alva Edison, JK Rowling (Penulis buku Harry Potter) dan lain-lain. Atau seperti Gita Gautawa(penyanyi), mampu mewujudkan mimpi seperti Andrea Hirata (Penulis Laskar Pelangi) dan pintarnya kayak BJ Habibie. Paling-tidak, anak punya semangat dan keberanian untuk menyontoh perilaku tokoh-tokoh tersebut meraih prestasi dalam hidup maupun kemampuan mengaktualisasikan (memunculkan) segenap potensi yang dimilikinya.

Lantas yang jadi persoalan, bagaimana mewujudkan harapan orang tua tersebut menjadi suatu kenyataan? Permasalahan di lapangan yang membuat Anda panik, jika anak bermasalah dalam pengembangan perilakunya. Khususnya prestasi belajar anak yang buruk. Anak menjadi bandel atau anak memiliki penyimpangan perilaku. Anak tidak dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan dan terarah untuk menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Seperti tingkat kecerdasan anak payah, sulit belajar, malas belajar, suka berkelahi, berselisih dan bermusuhan dengan temannya. Emosi anak tidak stabil. Hanya karena masalah sepele saja, emosinya langsung meledak-ledak. Apalagi anak bermasalah dengan percaya dirinya. Kadang anak gampang murung dan kecewa. Anak selalu mengeluh dalam pergaulannya, karena dia merasa tersisih. Dia tak punya keberanian mengembangkan pergaulannya dengan teman yang punya kemampuan di atas anak. Anak tak punya keberanian berkomunikasi dengan orang lain.

Padahal, Anda tidak dapat memungkiri yang mempengaruhi kualitas kematangan kecerdasan anak dan menjadi orang sukses sangat tergantung dari lingkungan di mana dia berada, terutama orang tua, keluarga dan masyarakat di seputar anak. Dengan kata lain, kualitas kematangan anak tentunya sangat ditentukan oleh kualitas interaksi yang terbangun dalam lingkungan atau kualitas interaksi yang sengaja diaktualisasikan (dimunculkan) secara terencana dan sistematis. Jadi, campur tangan orang tua sangat mempengaruhi perkembangan anak.

Untuk itu, Anda harus berusaha mengembangkan, mengarahkan dan meningkatkan kematangan potensi bawaan anak, seperti memaksimalkan kecerdasan anak, kepribadian anak menjadi manusia unggul. Anda tak perlu kuatir bagaimana cara membantu anak mengembangkan kecerdasan anak dan mematangkan kepribadian anak menjadi manusia unggul karena dari buku: Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul, Anda mendapat petunjuk-petunjuk praktis dan efektif yang dibutuhkan. Secara keseluruhan dalam buku ini memberi petunjuk-petunjuk kepada Anda, seperti:

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak.

Bagaimana cara mengatasi malas belajar anak.

Bagaimana cara mengarahkan anak yang gemar bertanya.

Bagaimana cara mengarahkan anak yang suka protes.

Bagaimana cara mengembangkan cara belajar.

Bagaimana cara mengelola ketakutan pada anak.

Bagaimana cara menghilangkan gagap pada anak.

Bagaimana cara mengarahkan anak yang bandel dan tidak bisa diam.

Bagaimana cara mengembangkan permainan bermain peran.

Bagaimana cara mengarahkan anak yang suka agresif.

Bagaimana cara mengembangkan belajar mandiri pada anak.

Bagaimana cara mengatasi anak yang sulit bergaul.

Bagaimana cara mengatasi anak yang suka mengamuk.

Bagaimana cara membentuk kepribadian anak.

Bagaimana cara mengembangkan ketrampilan mengatasi masalah.

Bagaimana cara menumbuhkan percaya diri pada anak.

Sistematis pengulasan yang dipergunakan buku ini pun cukup sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Buku ini disajikan tidak seperti buku referensi yang bersifat teoritis, melainkan berisi hal-hal nyata dan praktis. Pengulasan buku ini hanya meliputi 3 aspek, yaitu tinjauan latar belakang masalah, “mengapa” timbul masalah yang menyebabkan kesulitan meningkatkan kecerdasan anak dan menjadi manusia unggul dan “bagaimana” cara mengatasi masalah yang muncul tersebut.

Tentunya, setelah Anda mampu memahami dan dapat mempraktikkan petunjuk-petunjuk dalam buku ini, tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa kuatir atau cemas. Anda pun mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak secara optimal, mengembangkan kepribadian yang mantap pada anak menjadi manusia unggul. Jika Anda belum mendapat kepuasan, maka Anda dapat mengubungi penulis melalui e-mail: hendrasuryaw@gmail.com atau Hp 085281085906.

1 komentar: